top of page

Akuntansi Keuangan vs Akuntansi Manajemen


A man writing his plan on the whiteboard
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen


Sangat penting bagi profesional akuntansi dan pemangku kepentingan bisnis untuk memahami akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dalam lingkungan bisnis yang kompleks saat ini. Meskipun akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memiliki pendekatan dan tujuan yang berbeda-beda, keduanya sangat penting untuk membuat keputusan dan strategi bisnis. Dalam tulisan ini, kami akan menjelaskan perbedaan utama antara kedua bidang ini serta bagaimana mereka saling melengkapi dan berfungsi satu sama lain.


Berikut adalah perbedaan akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen:

  1. Tujuan Akuntansi keuangan bertujuan untuk memberikan informasi keuangan yang relevan, dapat diandalkan, dan bermanfaat kepada entitas luar seperti investor, kreditur, pemerintah, dan masyarakat umum. Informasi ini membantu pihak eksternal dalam membuat keputusan mengenai investasi, kredit, dan keputusan ekonomi lainnya yang berkaitan dengan entitas tersebut. Akuntansi manajemen bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna kepada manajer dan pihak internal lainnya dalam organisasi untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan, perencanaan, pengendalian, dan evaluasi kinerja. Akuntansi manajemen mencakup berbagai aspek operasional dan manajerial organisasi, seperti biaya produksi, analisis kinerja departemen, perencanaan anggaran, dan strategi bisnis.

  2. Pengguna Laporan Pengguna laporan akuntansi keuangan adalah pihak eksternal perusahaan seperti investor, kreditor, dan lembaga pemerintah untuk menilai kinerja keuangan dan posisi keuangan perusahaan. Pengguna laporan akuntansi manajemen adalah pihak internal perusahaan, seperti manajer dan karyawan, untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan dan perencanaan strategis.

  3. Fokus Akuntansi keuangan berfokus pada peristiwa historis yang telah terjadi, seperti transaksi keuangan yang telah dilakukan perusahaan. Sedangkan akuntansi manajemen berfokus pada masa depan dan membantu manajer dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan.

  4. Perbedaan lainya Stadar akuntansi keuangan ditetapkan oleh lembaga resmi, seperi PSAK di Indonesia. Akuntansi manajemen tidak memiliki standar baku dan lebih fleksibel dalam penggunaan metodenya. Akuntansi keuangan berfokus pada periode akuntansi tertentu, seperti triwulan atau tahun fiskal. Akuntansi manajemen dapat berfokus pada jangka waktu yang lebih pendek atau lebih panjang, tergantung kebutuhan penggunanya. Akuntansi keuangan biasanya disajikan dalam bentuk laporan keuangan yang formal dan terstruktur. Akuntansi manajemen dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti laporan, grafik, dan tabel, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page