top of page

Apakah Perusahaan Anda Membutuhkan Seorang Controller atau CFO?

Diperbarui: 22 Sep 2023

Ditulis oleh Beverly Davis, www.davisfinancial.com


Jika Anda kesulitan untuk memutuskan apakah perusahaan Anda memerlukan seorang Controller atau seorang CFO, atau keduanya, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


๐—–๐—ผ๐—ป๐˜๐—ฟ๐—ผ๐—น๐—น๐—ฒ๐—ฟ

Anda mungkin perlu mempekerjakan seorang controller jika:

  • Bisnis sedang berkembang: Jika keuangan bisnis menjadi lebih kompleks, seorang controller dapat membantu menghemat uang dan menggunakan modal dengan bijaksana.

  • CFO Anda merasa kewalahan: Seorang controller membantu mengurangi beban CFO dengan fokus pada pengawasan sehari-hari tim akuntansi. Controller memberikan informasi yang diperlukan kepada CFO untuk membuat proyeksi keuangan yang akurat dan mendukung keputusan keuangan strategis secara keseluruhan.

Apa yang Dilakukan oleh Controller untuk Bisnis Anda:

  • Mengambil tanggung jawab atas keuangan (Taking Accountability for the finances): Controller bertanggung jawab penuh atas sistem dan proses keuangan perusahaan. Controller harus memiliki pemahaman mendalam tentang pengeluaran bisnis dari laporan keuangan Anda.

  • Menemukan cara untuk menghemat biaya(Finding areas to save on costs): Controller mencari cara untuk meningkatkan profitabilitas dan perencanaan anggaran, membantu semua departemen mencapai kesepakatan dalam menekan biaya dan meningkatkan margin produk melalui manajemen arus kas.

  • Menciptakan Value sebagai mitra bisnis (Creating value as a business partner): Controller mengelola hubungan, persyaratan, dan kontrak dengan vendor.

  • Mengelola data perusahaan Anda (Managing your company data): Controller mengelola proses akuntansi perusahaan dan memastikan bahwa itu dilakukan dengan akurat, efisien, dan aman. Bagian dari tugas controller adalah tetap terkini dalam praktik akuntansi dan keuangan terbaik saat ini.

๐—–๐—™๐—ข

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mempekerjakan seorang CFO jika:

  • Anda sedang mengalami transisi pertumbuhan. Seorang CFO dapat menjaga keuangan Anda tetap terkendali dan memberikan wawasan tingkat tinggi serta kepemimpinan eksekutif saat perusahaan Anda bertransisi dari keuntungan menengah ke tinggi.

  • Anda membutuhkan proyeksi keuangan untuk perusahaan Anda: Seorang CFO dapat mengubah data historis Anda menjadi proyeksi untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang berharga dan merumuskan strategi untuk masa depan.

  • Anda bukan seorang ahli keuangan: Sebagai CEO, Anda sudah memiliki cukup banyak tanggung jawab menjalankan perusahaan, dan beban tambahan untuk mencoba memahami kompleksitas manajemen keuangan bisa menjadi sangat menghancurkan.

Apa yang Dilakukan oleh CFO untuk Bisnis Anda:

  • Bernegosiasi kesepakatan yang lebih baik: CFO dapat membantu perusahaan Anda mendapatkan harga yang lebih baik dengan vendor, mendapatkan credit limit dan pinjaman dari bank, dan bernegosiasi dengan klien untuk memberikan keunggulan keuangan bagi bisnis.

  • Mengelola pertumbuhan keuangan: CFO melacak semua metrik keuangan di seluruh perusahaan dan bekerja sama dengan departemen lain untuk mengoptimalkan pertumbuhan keuangan.

  • Mengelola risiko: CFO dapat memberlakukan kontrol keuangan yang tepat dan selalu memantau data keuangan untuk menghindari kesalahan.

Jadi anda sudah dapat memutuskan apakah bisnis anda membutuhkan seorang Controller atau CFO sekarang?


Perlu diingat bahwa kebutuhan perusahaan akan dapat berbeda-beda. Pantau pertumbuhan dan perkembangan perusahaan Anda dengan seksama, dan pertimbangkan apakah Anda memerlukan seorang controller, CFO, atau kedua-duanya untuk membantu mendukung keuangan Anda dengan sebaik-baiknya.



Source:

18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page