top of page

Cara Mencari nama File di Linux: Sederhana dan Mudah

Menemukan file di Linux bisa menjadi solusi sedikit membingungkan jika Anda terbiasa dengan antarmuka Windows. Namun, Anda akan menemukan bahwa Linux menawarkan beberapa perintah pencarian efisien yang dapat digunakan untuk menemukan file yang Anda cari. Dalam banyak hal, perintah pencarian file Linux bahkan lebih baik daripada apa pun yang ditawarkan Windows.

Dalam tutorial ini kita akan melihat beberapa perintah yang dapat Anda gunakan cepat temukan file yang Anda cari. Ada dua cara utama untuk menemukan file di Linux: menggunakan perintah find dan perintah find. Mari kita lihat perintah find terlebih dahulu.


Menemukan File berdasarkan Namanya

Anda dapat menemukan file jika Anda mengetahui nama persisnya. Sintaks untuk mencari file berdasarkan namanya adalah:

find –name “name_of_file”

Di sini, kata kunci –name memberitahu Linux untuk mencari file berdasarkan namanya. Nama file harus ditentukan tanpa tanda kutip. Misalnya, jika Anda ingin mencari file bernama player.txt, cukup ketik:

find –name players.txt

Ingat bahwa perintah ini sensitif terhadap huruf besar-kecil. Artinya jika Anda mencari PLAYERS.txt dan menelusuri player.txt, Anda tidak akan dapat menemukannya.

Anda dapat meminta Linux untuk mengabaikan huruf besar/kecil pada nama file Anda dengan mengetikkan perintah berikut:

find –iname “name_of_file”

Sekarang Anda dapat menelusuri player.txt bahkan dengan mengetik:

find –iname PLAYERS.txt

Jika Anda mengetahui file Anda terletak di direktori tertentu, Anda dapat menavigasi ke direktori tersebut dan kemudian menemukan file tersebut untuk mempercepat pencarian. Perintah untuk mencari file di direktori tempat Anda berada saat ini sedikit berbeda (perhatikan titik):

find . –name “name_of_file”

Anda dapat mencari file yang tidak cocok dengan pola tertentu – yaitu, Anda akan diberikan daftar semua file yang tidak cocok dengan apa yang Anda ketik. Sintaksnya adalah:

find –not –name “name_of_file_you_don’t_want”

Perintah lain yang mencapai hal yang sama adalah sebagai berikut:

find \! –name “name_of_file_you_don’t_want”

Jika Anda mengetahui sebagian nama file, Anda masih dapat mencarinya. Perintah ini juga berguna jika Anda perlu mencari beberapa file yang dimulai dengan nama yang sama:

find –iname “file\*”

Misalnya, jika Anda ingin mencari 3 file bernama player1.txt, player2.txt, dan player3.txt, ketikkan perintah berikut:

find –iname “play\*”

Ingat, Anda selalu dapat mencari direktori tempat Anda berada saat ini dengan memberi tanda titik (.) setelah menemukan.

Jika Anda ingin mencari file yang terletak di direktori tertentu, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

find /directory_name –name “name_of_file”

Jika Anda ingin mencari file player.txt yang terletak di direktori home Anda, ketikkan yang berikut:

find /home –name players.txt


Menemukan File berdasarkan Jenisnya


Ada banyak jenis file di Linux, seperti file biasa, perangkat karakter, direktori, tautan simbolik, dan perangkat blok. Anda dapat mencari file berdasarkan jenis spesifiknya:

find –type type_of_file

Jika Anda ingin mencari semua file biasa di komputer Anda, ketikkan perintah berikut:

find / -type f

F memerintahkan Linux untuk mencari file biasa. Anda akan mendapatkan daftar panjang file biasa setelah sistem Anda selesai memproses perintah. Bentuk singkat untuk jenis file umum lainnya mencakup c (perangkat karakter), d (direktori), b (perangkat blok), dan l (tautan simbolik).

Jika Anda ingin menemukan semua file .txt yang ada di sistem Anda, Anda dapat mengetikkan perintah berikut:

find / -type f –name “*.txt”

Perintah ini merupakan kombinasi dari perintah yang kami berikan sebelumnya.


Menemukan File Berdasarkan Waktu Dimodifikasi, Diakses, dan Diubah


Setiap kali file diubah, waktu modifikasinya disimpan di Linux. Anda dapat menemukan file yang Anda modifikasi dua hari lalu dengan mengetikkan perintah berikut:

find / -mtime 2

Anda dapat menemukan file yang Anda modifikasi kurang dari tiga puluh menit yang lalu dengan mengetikkan perintah berikut:

find / -mmin -30

Linux juga menghemat waktu terakhir kali Anda mengakses file tertentu. Jika Anda mengakses file yang Anda cari 3 hari yang lalu, ketik perintah berikut:

find / -atime 3

Anda juga dapat mencari file berdasarkan kapan informasi metanya (data deskriptif) terakhir diubah 3 hari yang lalu dengan perintah berikut:

find /-ctime +3

Jika Anda ingin mencari file yang Anda modifikasi tepat sebelum file tertentu, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

find / -newer name_of_file

Misalnya, jika Anda memodifikasi player2.txt tepat sebelum player1.txt, Anda dapat menemukan player2.txt dengan perintah berikut:

find / -new players1.txt


Menemukan File berdasarkan Pemilik


Anda dapat menemukan file berdasarkan pemiliknya. Misalnya, jika “john” adalah pengguna yang memiliki file player.txt, ketikkan perintah berikut untuk mencari player.txt (bersama dengan file lain miliknya):

find / -user john

Jika ada grup yang memiliki sekumpulan file, Anda dapat mencari file tersebut jika Anda mengetahui nama grupnya. Jika nama grupnya adalah tim, Anda dapat menemukan semua file miliknya dengan:

find / -group name_of_file


Cara mencari nama file di Linux dengan perintah "locate"


Perintah lokasinya adalah lebih cepat dalam menemukan file daripada perintah find, namun perintah ini mengharuskan database yang mengindeks file Anda diperbarui untuk menemukan file terbaru. Anda mungkin perlu menginstal perintah melalui apt-get sebelum Anda dapat menjalankannya terlebih dahulu:

sudo apt-get update

sudo apt-get install mlocate

Basis data yang menyimpan lokasi file diperbarui secara otomatis sekali sehari, sehingga Anda dapat menemukan semua file yang Anda perbarui kemarin dengan perintah loc. Anda juga dapat menemukan semua file yang Anda buat atau perbarui baru-baru ini jika Anda memperbarui database secara manual. Untuk ini, ketik:

sudo updated

Sekarang Anda akhirnya dapat menggunakan perintah find (sebenarnya lebih cepat daripada find):

locate name_of_file

Perintah lain dengan yang bisa dicari filenya di Linux adalah perintah Whereis dan perintah Where. Namun, Anda akan menemukan bahwa perintah find biasanya cukup untuk sebagian besar kebutuhan Anda.


Demikianlah tips Cara Mencari Nama File di Linux dan semoga bermanfaat.

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page