top of page

Memahami proses Rekonsiliasi Bank (Bank Reconciliation)

Proses Rekonsiliasi bank merupakan bagian yang paling penting dari penutupan akhir bulan atau Month End Closing.

Sebelum kita membahas mengapa... mari kita mulai dengan:


Apa itu Proses Rekonsiliasi Bank atau Bank Reconciliation)?

Rekonsiliasi Bank adalah proses pencocokan transaksi pada laporan bank/petty cash/kas/kartu kredit dengan transaksi dalam buku besar.

Ini memungkinkan Anda mengonfirmasi bahwa saldo rekening bank & kartu kredit Anda dalam buku besar sesuai dengan laporan aktual pada situs web bank.


Mengapa Rekonsiliasi Bank sangat Penting?

Jika proses Rekonsiliasi Bank tidak dilakukan, saya tidak akan percaya apa pun yang saya baca pada laporan keuangan perusahaan.


Mengapa?


Karena tidak ada cara untuk memvalidasi bahwa transaksi yang digunakan untuk menyusun angka-angka yang tertera dalam buku besar.

Tidak akan ada cara untuk mengonfirmasi bahwa tidak ada kesalahan dalam angka-angka yang digunakan, atau bahkan lebih buruk, bahwa tidak ada kecurangan.


Bagaimana Melakukan Rekonsiliasi Bank?

Rekonsiliasi bank dilakukan dengan memasukkan saldo akhir yang tertera dalam laporan bank/kartu kredit Anda, dan mengonfirmasi bahwa transaksi dalam perangkat lunak akuntansi Anda

  • saldo awal yang tertera di sistem akuntansi

  • saldo akhir pada laporan Anda

Jika jumlahnya tidak sesuai, bisa berarti ada kesalahan dalam data yang digunakan, atau ada beberapa pengecualian yang bisa valid.

Proses Reconcile Rekening Bank dan Kas di InfiniteERP ini sangat mudah dan sederhana, disarankan dilakukan secara harian dan mingguan untuk menghindari transaksi mutasi yang belum tercatat.


Beberapa Alasan Umum Mengapa Rekonsiliasi Bank Bisa Menampilkan Saldo Akhir yang Berbeda Antara Bank dan Buku Besar?


Berikut adalah beberapa contoh kasus:


❌ Ada transaksi duplikat dalam buku besar Anda

➡ tindakan yang harus dilakukan adalah menghapus transaksi duplikat tersebut


❌ Ada transaksi yang hilang atau belum tercatat dalam buku besar Anda

➡ tindakan yang harus dilakukan adalah menambahkan kembali transaksi tersebut


✅ Ada transaksi yang belum diselesaikan oleh bank, seperti cek yang belum dicairkan

➡ ini adalah alasan yang dapat diterima, dan harus dipantau setiap bulan untuk memastikan keakuratan


✅ Transaksi diposting pada saat periode CutOff, misalnya pada saat process Month End Closing

➡ seringkali, transaksi akan diposting dalam buku besar Anda pada tanggal yang sama dengan tanggal berakhir pada laporan bank/kartu kredit Anda.


Ketika itu terjadi, umumnya ada beberapa transaksi yang ditampilkan dalam buku besar Anda yang belum diselesaikan oleh bank.


Dalam kasus ini, Anda ingin memastikan bahwa transaksi-transaksi ini diselesaikan pada bulan berikutnya.


Itulah beberapa hal berdasarkan pengalaman implementasi software ERP diberbagai perusahaan dan industri, dan membantu menyelesaikan pembukuan akuntansi.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page