top of page

Metode Perhitungan HPP dan Faktor yang Mempengaruhinya


seorang pria yang sedang berhitung menggunakan kalkulator di atas meja
Metode Menghitung HPP dan Faktor yang Mempengaruhinya

Memahami konsep dan perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis. HPP atau Cost of Goods Sold (COGS) merupakan salah satu elemen penting dalam laporan keuangan yang menunjukkan total biaya produksi barang atau jasa yang telah terjual selama periode tertentu. Pengetahuan tentang HPP bermanfaat untuk membuat harga jual yang kompetitif dan sangat penting untuk keputusan strategis perusahaan. Artikel ini akan membahas tentang metode perhitungan HPP dan faktor yang mempengaruhinya.


Metode Perhitungan HPP

  1. Metode Perpetual Metode persediaan perpetual adalah metode yang mencatat setiap transaksi persediaan secara real-time. Artinya, setiap kali terjadi pembelian atau penjualan barang, persediaan dan HPP akan diperbarui secara otomasi. Metode ini dianggap lebih akurat dan informatif dibandingkan dengan metode periodik, namun membutuhkan sistem akuntansi yang lebih kompleks.

  2. Metode Periodik Metode persediaan periodik adalah metode yang mencatat persediaan dan HPP hanya pada akhir periode akuntansi. Metode ini lebih sederhana dibandingkan metode perpetual, namun kurang informatif karena tidak memberikan gambaran real-time tentang persediaan dan HPP.

  3. Metode FIFO (First In First Out) Metode FIFO (First In First Out) adalah metode yang mengansumsikan bahwa barang yang pertama kali masuk gudang akan digunakan pertama kali. Metdoe ini umumnya digunakan untuk barang-barang yang memiliki nilai yang relatif sama dan tidak mudah rusak.

  4. Metode LIFO (Last In First Out) Metode LIFO (Last In First Out) adalah metode yang mengasumsikan bahwa barang yang terakhir kali masuk gudang akan digunakan pertama kali. Metode ini umumnya digunakan untuk barang-barang yang memiliki nilai yang fluktuatif dan mudah rusak.

  5. Metode Rata-Rata Tertimbang Metode rata-rata tertimbang adalah metode yang menghitung HPP dengan menggunakan rata-rata harga pembelian barang selama periode akuntansi. Metode ini umumnya digunakan untuk barang-barang yang memiliki nilai yang relatif sema dan mengalami perubahan harga yang tidak signifikan.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi HPP

  • Harga bahan baku: Fluktuasi harga bahan baku dapat menyebabkan perubahan HPP yang signifikan.

  • Biaya tenaga kerja: Biaya tenaga kerja, seperti gaji, tunjangan, dan bonus, jaga dapat memengaruhi HPP.

  • Biaya overhead: Biaya overhead, seperti biaya sewa, biaya listrik, dan biaya depresiasi, juga dapa memengaruhi HPP.

  • Efisiensi produksi: Efisiensi produksi yang tinggi dapat membantu menurunkan HPP.

  • Tingkat persediaan: Tingkat persediaan yang tingga dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang lebih tinggi, yang dapat memengaruhi HPP.


Memahami metode perhitungan HPP dan faktor-faktor yang mempengaruhinya sangatlah penting bagi para pelaku bisnis untuk mengambil keputusan strategis yang tepat dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page