top of page

Tutup Buku Akhir Bulan (Month End Close)

Cara mudah tutup buku akhir bulan tanpa perlu background akuntansi. Lengkap, cepat, akurat.


Tutup buku akhir bulan atau month end close adalah salah satu tugas penting tim keuangan yang dilakukan setiap akhir bulan, kuartal, atau tahunan. Secara teori, tutup buku adalah proses yang relatif mudah. Tim keuangan perlu mengatur, menyeimbangkan, dan melaporkan aktivitas keuangan perusahaan selama periode akuntansi berlangsung.


Proses Tutup buku akhir bulan atau Month End Close dalam akuntansi adalah proses penutupan buku yang dilakukan setiap akhir bulan. Berikut ini adalah daftar periksa yang harus disiapkan sebelum Month End Close secara umum:

  1. Mengimpor atau mencetak transaksi mutasi bank dan rekening yang digunakan

  2. Mengklasifikasikan transaksi berdasarkan GL Account

  3. Menambahkan detail seperti Vendor / Receipts / Kuitansi pengeluaran dan faktur supplier

  4. Jumlah kas kecil atau Petty Cash

  5. Hitung persediaan atau melakukan stok opname lebih baik lagi.

Transaksi Anda seharusnya secara otomatis disinkronkan ke software akuntansi dari rekening bank dan kartu kredit. Jika tidak, Anda perlu menambahkan langkah tambahan, yang paling sering melibatkan unggahan CSV. Fitur ini tersedia di software ERP seperti InfiniteERP.


Setelah transaksi Anda ada di sana, klasifikasikan kategori Profit & Loss (P&L) / Balance Sheet untuk setiap transaksi, dan tambahkan informasi tambahan seperti nama vendor, dan lampiran yang terkait (seperti gambar cek). Jika anda menggunakan InfiniteERP, maka beberapa hal tersebut diatas semakin mudah dan cukup melakukan review transaksi saja.


Rekonsiliasi Bank / Bank Reconciliations:


1. Periksa transaksi yang belum diselesaikan atau belum jelas.

2. Cocokkan saldo akhir di software akuntansi atau InfiniteERP dengan Bank Statement


Di sini, bandingkan saldo akhir untuk semua akun bank dan kartu kredit di software akuntansi Anda dengan apa yang ditunjukkan oleh masing-masing laporan tersebut.


Jika jumlahnya sesuai, maka Anda baik-baik saja!

Jika tidak, ada kemungkinan adanya kesalahan atau pending transaksi yang perlu Anda rencanakan ketika diposting.


Penyesuaian Jurnal (Adjusting Journal Entries):

  1. Prepaid (Pembayaran Dimuka)

  2. Accruals (Akural)

  3. Deferred Revenue (Pendapatan Ditangguhkan)

  4. Depreciation (Penyusutan)

  5. Payroll (Gaji)

  6. Security Deposits (Deposito Jaminan)

Menurut saya, inilah inti dari penutupan buku pada akhir bulan dan seringkali memerlukan waktu dan banyak usaha.


Penyesuaian jurnal adalah "penyesuaian" yang Anda lakukan terhadap apa yang ditampilkan dalam laporan laba rugi(income statement) dan neraca (balance sheet), terutama untuk mematuhi standard akuntansi seperti IFRS, GAAP atau PSAK untuk negara Indonesia.


Final Review:

  1. Periksa Konsistensi antar GL Account (akun)

  2. Memastikan akurasi setiap pengkategorian atau klasifikasi

  3. Periksa Open Items transaksi

Untuk pengguna software InfiniteERP terdapat satu laporan penting yang menampilkan transaksi yang belum di jurnal posting yaitu Not Posted Transaction Report.


Fitur laporan Not Posted Transaction Report tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki volume transaksi dan kompleksitas yang tinggi. Anda dapat melihat status transaksi yang belum ter-posting di akuntansi dengan error-nya.


Ini adalah bagian terakhir dan sangat penting. Di sini Anda melihat bagaimana laporan laba rugi dan neraca Anda terlihat setelah semua yang disebutkan sebelumnya telah disiapkan.


Adakah item atau yang nilainya melonjak dibandingkan dengan 3 bulan terakhir?


Adakah akun baru yang digunakan yang mungkin seharusnya digabungkan dengan akun lainnya?


Anda juga mungkin ingin memeriksa kembali bagaimana Anda mengkategorikan setiap transaksi.


Apa lagi yang menurut Anda penting dalam proses tutup buku akhir bulan yang baik?


Hubungi konsultan ERP terbaik anda.

25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page